Skip to main content

Featured

LN Fortunate Coffee - Coffee Shop Green Lake City

#Coffeelocator 7 LN Fortunate Coffee Pada Hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017, Tim Coffeelocator berkeliling perumahan Green Lake City untuk mencari Coffee Shop yang unik. Pilihan Coffeelocator pun jatuh pada LN Fortunate Coffee. Kopi Manual Brewing LN Fortunate Coffee LN sendiri merupakan kepanjangan dari Loving Nature. LN Fortunate Coffee shop mempunyai konsep Vegan. Jadi, semua makanan dan minuman yang disediakan tidak menggunakan daging, dan bahan dairy product seperti keju, susu, dan telur. Desain Interior LN Fortunate Coffee Hiasan unik di LN Fortunate Coffee Dari segi desain interior, LN Fortunate coffee menggunakan bangku yang sangat nyaman. Selain itu, LN Fortunate juga mempunyai berbagai hiasan yang unik dan instagramable. Coffee Cube dengan Susu Multi Grain LN Fortunate Tim Coffeelocator mencoba menu andalan dari LN Fortunate, yaitu . Dengan menggunakan kopi yang dijadikan es batu (coffee cube) dan susu kacang multi grain,

Minuman Berbasis Espresso

#Coffeelocatips 2
Welcome back!
Kembali lagi bersama Coffeelocator. Post Coffeelocatips kali ini mungkin sudah sering dibahas di blog atau website lain. Tapi, kurang lengkap rasanya jika di dalam blog kopi tidak ada pembahasan ini. Yang akan Coffeelocator bahas di sini adalah macam macam menu kopi dengan basis espresso. (Apa itu espresso?)
Pada umumnya, minuman berbasis espresso atau Espresso Based drink dibagi menjadi dua:
1. Black : untuk menu minuman Espresso tanpa ada unsur susu di dalamnya.
2. White : untuk menu minuman Espresso dengan tambahan susu di dalamnya.
Coffeelocator akan mulai dengan Black terlebih dahulu:
1. Americano : Campuran antara single shot espresso dengan air panas. Dimana espresso di hasilkan terlebih dahulu baru ditambahkan air panas.
2. Long black : Campuran antara air panas dengan single shot espresso. Dimana air panas di tuang terlebih dahulu ke cangkir, setelah itu espresso ditambahkan ke cangkir tersebut.
Pada praktiknya, Americano dan Long black menggunakan Double Shot Espresso. Dikarenakan air yang sifatnya mudah melarutkan rasa dan aroma espresso. Maka, espresso dirasa butuh ditambahkan lebih banyak agar lebih terasa di lidah.
Dari segi rasa, Americano dan Long black menurut Coffeelocator tidak terlalu jauh berbeda. Hanya pada Long Black, intensitas kopi agak lebih tinggi dibandingkan pada Americano.
Kemudian, untuk white, ada banyak sekali menu kombinasi antara kopi dan susu. Coffeelocator akan membahas beberapa menu yang umum terdapat di Coffee Shop :
1. Latte : single shot espresso ditambah dengan susu.
2. Cappuccino : single shot espresso ditambah dengan susu.
Latte dan Cappuccino berbeda pada proses frothing susu. Pada Latte, foam yang dihasilkan akan lebih tipis dibandingkan pada Cappuccino. Selain itu, Coffee Shop juga membedakan dengan volume susu yang digunakan. Latte akan menggunakan susu yang lebih banyak dibandingkan pada Cappuccino.
Maka, dari segi rasa Latte akan terasa lebih Milky dengan Espresso yang tidak terlalu intens jika dibandingkan dengan Cappuccino.
3. Mocca : single shot espresso + coklat bubuk + susu.
4. Macchiato : single shot espresso + satu sendok foam susu.
5. Piccolo : single shot ristretto + susu.
6. Affogato : es krim + single shot espresso.
7. Magic : double shot ristretto + susu.
Untuk menu White yang panas, susu harus di frothing terlebih dahulu. Frothing adalah proses memberikan uap sekaligus memanaskan susu menggunakan Steam Wand pada mesin espresso, bertujuan untuk membentuk micro foam pada susu.
Sedangkan untuk menu White yang dingin, susu tidak wajib di frothing terlebih dahulu.

Sebenarnya, masih banyak sekali minuman yang dapat dibuat dengan basis espresso. Yang dibahas pada post ini hanyalah beberapa menu umum pada Coffee Shop. Berikut Coffeelocator berikan gambaran mengenai komposisi menu minuman yang dapat Anda coba sendiri 

Minuman Berbasis Espresso
Menu Minuman Espresso


Untuk lebih jelas mengenai perbedaan Latte dan Cappuccino, Coffelocator melampirkan video proses pembentukan Latte dan Cappuccino:


Comments

Post a Comment

Popular Posts